Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo ūüĎč

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Facebook Informasi Terkini Sosial Media

Fitur Baru Reel dari Meta Facebook yang Inovatif

3 Min Read     Posted on 18 Oct 2022

Share Artikel

Meta mengumumkan perilisan beberapa fitur dan tools baru ke Reels Facebook dan Instagram. Mereka memiliki tujuan untuk mendukung para konten kreator, baik yang sudah memiliki banyak followers ataupun yang baru memulai, dalam membuat konten yang lebih berkualitas. Sebelum itu, mari kita pahami terlebih dahulu mengenai apa itu Meta? Baru kita membahas fitur-fitur terbarunya.

1. Transformasi Facebook ke Meta

Mark Zuckerberg selaku pendiri perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai Facebook, mengumumkan bahwa dia telah mengubah nama perusahaannya menjadi Meta pada bulan Oktober 2021. Alasan pergantian nama tersebut dikarenakan dia ingin memperluas jangkauan perusahaan dengan membuat dunia metaverse. Kata "Meta" pun dipilih karena dirasa dapat menggambarkan rencana perusahaan dengan baik.

Seperti yang kita tahu, Meta menaungi beberapa platform sosial media seperti Facebook, Instagram, dan juga Whatsapp. Namun, perusahaan ini sekarang tidak hanya fokus pada aplikasi tersebut melainkan juga mengembangkan dunia virtual. Dimana orang-orang dapat melakukan komunikasi, bekerja, dan bermain game secara virtual tapi tetap terasa nyata, dimana biasanya disebut virtual reality atau VR.

Di era digitalisasi ini, muncul banyak sekali aplikasi baru yang cukup menarik perhatian masyarakat, salah satunya adalah TikTok. Sekarang aplikasi-aplikasi tersebut tidak hanya digunakan untuk kepentingan pribadi, melainkan juga sebagai alat digital marketing. Tidak mau kalah dari aplikasi kompetitor, Meta pun berinovasi menciptakan fitur-fitur menarik di sosial media mereka. Mari kita membahasnya secara detail.

2. Fitur-fitur Terbaru

Saat ini, Meta fokus untuk mengembangkan beberapa fitur baru untuk Reels mereka yang ada di Instagram dan Facebook. Sejak TikTok muncul, perusahaan ini menyadari bahwa masyarakat memiliki minat yang besar terhadap konten video. Sehingga, Meta pun membuat fitur inovatif yang bisa mendorong masyarakat untuk lebih memilih Reels dibanding aplikasi kompetitor. Inovasi baru yang cocok untuk generasi masa kini dan bisa mengikuti setiap tren yang ada. Berikut ini adalah fitur-fitur terbaru Meta:

a. Stiker Add Yours

Meta telah menambahkan stiker baru yaitu "Add Yours" untuk reels di platform Instagram dan Facebook. Fitur ini pertama kali diperkenalkan untuk Instagram story dan mendapatkan respon antusias dari masyarakat. Maka dari itu, Meta pun memutuskan untuk turut menjadikan stiker ini sebagai fitur tambahan di Reels. Keputusan ini dianggap sangat tepat, karena jumlah pengguna yang membuat video reels meningkat pesat.

Cara kerja stiker ini sama dengan stiker yang ada di Instagram story. Anda bisa membuat tantangan baru atau mengikuti tantangan yang sudah dibuat oleh orang lain. Tanpa disadari, ini merupakan bagian dari konten yang interaktif. Sehingga, Anda bisa mendapatkan awareness dan engagement yang lebih besar dengan menggunakan stiker ini. Bahkan followers Anda pun bisa bertambah. 

Stiker Add Yours sangat cocok digunakan oleh para konten kreator. Tunjukkan kreativitas Anda dengan membuat video semenarik mungkin tentang topik yang lagi viral di stiker ini. Selain itu, Anda pun bisa mendapatkan pengakuan atas tantangan yang Anda buat. Terutama ketika challenge yang Anda buat ternyata banyak yang membagikan ulang. Maka, popularitas Anda pun bisa meningkat.

b. Cross-Post Reels

Seperti yang kita tahu, Instagram dan Reels mendukung para konten kreator dengan menawarkan monetisasi. Dimana Anda bisa mendapatkan uang dari konten yang Anda bikin sesuai dengan besarnya respon yang didapat. Dari semua fitur, Reels memungkinkan Anda untuk membuat konten yang lebih menarik karena postingannya berbentuk video. 

Nah, Meta meluncurkan fitur baru yang memudahkan Anda untuk membagikan konten Reels secara bersamaan di Instagram dan Facebook. Reels baru-baru ini muncul di Facebook. Nah, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk meningkatkan engagement di akun Facebook Anda. Sehingga, jangkauan target audience Anda pun lebih luas. Serta, keuntungan yang bisa Anda dapatkan juga lebih besar.

c. Remix

Ingin memberikan respon terhadap postingan Reels orang lain? Tentu saja bisa. Sekarang Anda bisa mengekspresikan ide Anda dan komen untuk pengguna lain dengan fitur terbaru Reels yaitu Remix. Fitur ini memiliki dua pilihan yaitu menempatkan video Anda di sebelah video orang lain atau video Anda akan muncul setelah durasi reels mereka selesai. Nanti, nama akun pemilik reels tersebut akan otomatis tertulis di caption Anda. 

Selain itu, Anda juga bisa membuat video Reels secara otomatis dengan fitur ini. Aplikasi ini akan menyimpan seluruh foto dan video yang pernah Anda unggah, baik di story ataupun postingan. Nah, dokumentasi tersebut nantinya akan dikompilasi untuk membuat video reels secara otomatis. Lalu, Anda pun tinggal membagikannya tanpa perlu kesulitan mengedit video.

d.¬†I‚Äčnsight

Terakhir, Meta meluncurkan Creator Studio Insights. Fitur terbaru satu ini sangat membantu Anda terutama para konten kreator untuk melacak setiap pencapaian. Anda bisa mengetahui berapa likes dan komen yang Anda dapatkan dari masing-masing postingan. Lalu, juga berapa banyak pengguna yang mengunjungi akun Anda. Serta berapa jumlah followers baru Anda setiap harinya dan masih banyak lagi.

3. Kesimpulan

Reels merupakan fokus utama perusahaan Meta saat ini. Hal itu dikarenakan, konten video berdurasi pendek sedang hype dan mendapatkan daya tarik yang besar dari masyarakat. Sehingga, fitur-fitur terbaru reels yang baru dirilis ini bertujuan untuk meningkatkan peminat user dalam membuat Reels dan juga mendukung para konten kreator.

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

5 Komponen Utama Laporan Penjualan di Aplikasi POS

  May 31, 2023        3 Min Read

5 Komponen Utama Laporan Penjualan di Aplikasi POS

6 Macam Metode Pembayaran di Aplikasi POS Online

  May 31, 2023        3 Min Read

6 Macam Metode Pembayaran di Aplikasi POS Online

Bagaimana POS Mendukung Manajemen Rantai Pasok?

  May 31, 2023        3 Min Read

Bagaimana POS Mendukung Manajemen Rantai Pasok?

Mengenali Perbedaan Aplikasi POS dan Mesin Kasir

  May 31, 2023        3 Min Read

Mengenali Perbedaan Aplikasi POS dan Mesin Kasir

REKOMENDASI

Artikel Terkait