Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Accounting Management Finance Informasi Bisnis Solusi Bisnis

Apa itu Akuntansi Manajemen? Berikut Penjelasannya

3 Min Read     Posted on 28 Dec 2022

Share Artikel

Sistem akuntansi yang benar memang penting untuk diterapkan oleh sebuah perusahaan. Salah satunya adalah akuntansi manajemen yang akan membantu perusahaan berkembang lebih optimal. Jika Anda saat ini sedang merintis atau mengelola sebuah perusahaan, maka penting sekali untuk memahami sistem akuntansi tersebut.

Pada dasarnya akuntansi dan manajemen merupakan dua hal yang sangat berkaitan. Pengelolaan sebuah perusahaan juga tidak akan pernah terpisah dari dua poin penting tersebut. Lalu, apa sebenarnya akuntansi manajemen ini dan apa saja manfaatnya bagi sebuah perusahaan? Mari kita bahas di artikel ini.

1. Pengertian Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen itu sendiri merupakan sebuah sistem akuntansi yang berkaitan erat dengan pemakaian informasi akuntansi dalam tingkat manajerial. Pengertian ini mungkin kurang bisa dipahami dengan mudah. Jadi mari kita pahami apa itu akuntansi manajemen berdasarkan definisi menurut beberapa ahli.

a. Halim dan Supomo (2000)

Menurut Halim dan Supomo, akuntansi manajemen merupakan sebuah kegiatan atau proses yang akan menghasilkan informasi. Informasi yang dimaksud di sini adalah informasi keuangan yang berguna bagi manajemen. Nantinya informasi tersebut dapat digunakan untuk mengambil keputusan ekonomi dalam proses menjalankan sebuah fungsi manajerial. 

b. CIMA

Berikutnya ada definisi akuntansi manajemen menurut CIMA atau Chartered Institute of Management Accountants. CIMA mengartikan sistem akuntansi ini sebagai sebuah proses untuk mengidentifikasi, mengukur, mengakumulasi, menganalisis, menyusun, menginterpretasi, dan mengkomunikasikan sebuah informasi. Informasi ini akan digunakan oleh manajemen perusahaan

Perusahaan akan menggunakan laporan akuntansi manajemen tersebut untuk membuat rencana, menyusun evaluasi, dan mengendalikan suatu entitas agar dipastikan sesuai dengan pemakaian sumber daya. Dalam hal ini, termasuk juga penyusunan laporan keuangan. Baik untuk perusahaan dagang maupun untuk manufaktur kelompok non-manajemen. Misalnya saja pemegang saham dan kreditur. 

c. Mulyadi (2001)

Definisi lain mengenai akuntansi manajemen adalah informasi keuangan yang diperoleh dari berbagai jenis akuntansi manajerial. Nantinya informasi tersebut akan dipakai oleh pengguna internal di sebuah perusahaan. Tujuannya tentu saja untuk membantu pengambilan perusahaan agar bisa berkembang lebih pesat lagi. 

Secara sederhana, akuntansi manajemen bisa diartikan sebagai proses penyediaan informasi dan pengambilan keputusan yang berhubungan dengan keuangan. Bisa juga terkait non-keuangan dan berhubungan dengan manajer di sebuah perusahaan atau organisasi tertentu. Manajer atau petinggi perusahaan akan memakai informasi tersebut untuk mengambil keputusan dan membantu manajemen perusahaan.

2. Kenapa Perlu Akuntansi Manajemen?

Setelah memahami apa itu akuntansi manajemen, maka tiba waktunya untuk mencari tahu kenapa hal ini penting bagi perusahaan. Pebisnis pemula yang baru saja membangun perusahaan sangat disarankan untuk segera membentuk sistem yang baik berhubungan dengan akuntansi manajemen tersebut. Jika Anda juga masih merintis perusahaan, maka hal ini juga harus diperhatikan. 

Sebenarnya apa yang membuat sebuah perusahaan perlu menerapkan sistem akuntansi manajemen ini? Tentunya ada beberapa fungsi penting yang memang dijalankan oleh sistem akuntansi tersebut. Berikut ini beberapa alasan penting yang harus dipahami oleh sebuah perusahaan:

a. Menghasilkan Informasi yang Penting

Akuntansi manajemen akan membantu Anda mendapatkan informasi penting yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan. Sesuai dengan pengertian tadi, teknik akuntansi ini akan mengumpulkan dan menghasilkan data keuangan yang berhubungan dengan sistem manajerial perusahaan. Jadi sudah jelas bahwa Anda akan menerima informasi atau data penting tersebut. 

Informasi dari akuntansi manajemen ini akan digunakan untuk mengembangkan perusahaan lebih besar lagi. Informasi ini berhubungan dengan kondisi keuangan, sumber daya, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan manajemen maupun operasional perusahaan. Jadi sudah pasti semua informasi tersebut akan dibutuhkan. 

b. Memberi Acuan dalam Mengambil Keputusan

Data dari akuntansi manajemen akan membantu perusahaan dalam mengambil keputusan. Tadi ada salah satu teori yang menyebutkan bahwa semua informasi dari sistem akuntansi ini akan digunakan oleh manajer atau petinggi perusahaan. Tujuannya agar mereka bisa lebih mudah mengambil keputusan yang berhubungan dengan operasional perusahaan itu sendiri. 

Bayangkan saja jika tidak ada informasi atau data terkait operasional maupun manajemen perusahaan. Pasti akan sulit bagi para petinggi untuk mengambil keputusan tanpa adanya sistem akuntansi manajemen yang matang. Langkah perusahaan tidak bisa dipastikan karena tidak ada acuannya. Hal ini akan merugikan bisnis dan membuat mereka tidak bisa bersaing dengan kompetitor lainnya. 

c. Bentuk Pertanggungjawaban Manajemen

Akuntansi manajemen juga merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban dari setiap divisi yang ada di sebuah perusahaan. Ini merupakan bentuk tanggung jawab tingkat manajemen yang perlu diserahkan oleh masing-masing divisi atau bagian. Meskipun begitu, hasil laporannya akan digunakan oleh perusahaan bukan per divisi.

Akuntansi manajemen ini dilakukan tiap divisi dan akan menjadi acuan bagi perusahaan untuk melihat performa mereka satu per satu. Nantinya proses akuntansi tersebut akan dibutuhkan sebagai sumber informasi demi mendukung pekerjaan setiap divisi. Nantinya semua divisi tersebut akan bersinergi untuk membantu perusahaan berkembang. 

d. Mempermudah Monitoring Perusahaan

Manfaat lain dari akuntansi manajemen bagi perusahaan adalah mempermudah proses monitoring. Dalam perjalanan pengembangannya, sebuah perusahaan harus melakukan monitoring secara berkala. Hal tersebut penting untuk dilakukan agar perusahaan tahu seperti apa performa mereka selama ini. Apakah sudah sesuai dengan ekspektasi atau belum. 

Software Akuntansi manajemen akan memberikan informasi yang akurat dan real-time bagi perusahaan sehingga bisa menjalankan proses monitoring. Ini juga bisa menjadi bahan evaluasi yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan dengan baik. Artinya, data-data yang dilaporkan bisa menjadi bahan penilaian. Apakah finansial dalam kondisi baik, apakah sumber daya dimanfaatkan secara optimal, dan lain-lain. 

e. Menghasilkan Arsip untuk Audit 

Semua data atau laporan dari akuntansi manajemen ini nantinya akan dijadikan arsip. Seperti kita tahu bahwa data-data merupakan sebuah kunci penting bagi pengembangan perusahaan. Data-data tersebut disimpan secara digital maupun fisik, sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sistem penyimpanan ini akan dijadikan arsip saat audit. 

Dalam periode waktu tertentu, perusahaan sudah pasti akan menjalani audit. Jika mereka menerapkan sistem akuntansi manajemen yang baik maka proses audit tersebut juga pasti akan berjalan lancar. Pihak yang melakukan audit atau auditor bisa dengan mudah memeriksa performa perusahaan baik dari segi laporan keuangan maupun sumber daya perusahaan tersebut. 

Ternyata ada begitu banyak manfaat dan fungsi penting dari akuntansi manajemen. Itulah mengapa perusahaan harus benar-benar memperhatikan faktor tersebut. Strateginya harus jelas dan praktik pelaksanaannya juga harus diperhatikan baik-baik.

3. Kesimpulan

Sudah jelas bahwa akuntansi manajemen menjadi poin penting bagi sebuah perusahaan. Ini akan membantu perusahaan untuk berkembang lebih cepat. Sistem ini juga akan mempermudah perusahaan dalam melakukan kontrol dan monitoring performa mereka. Jika saat ini Anda tengah merintis sebuah perusahaan, segera perhatikan sistem akuntansi tersebut. 

Saat ini, Anda bisa menggunakan aplikasi akuntansi ScaleOcean untuk mempermudah pengelolaan sistem akuntansi manajemen tersebut. Aplikasi ini memiliki beragam jenis fitur yang akan mempermudah proses akuntansi tadi. Selain itu user interface-nya juga mudah dipahami sehingga Anda dapat menggunakannya dengan mudah meskipun masih pemula. 

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Arti Last Mile Delivery, Cara Kerja, dan Tantangannya

  Apr 18, 2024        3 Min Read

Arti Last Mile Delivery, Cara Kerja, dan Tantangannya

Lacak Kontainer Real Time di Freight Forwarding Software

  Apr 18, 2024        3 Min Read

Lacak Kontainer Real Time di Freight Forwarding Software

Barcode Reader Adalah: Arti, Fungsi, dan Jenisnya

  Apr 18, 2024        3 Min Read

Barcode Reader Adalah: Arti, Fungsi, dan Jenisnya

Ketahui Macam Macam Proses Produksi Manufaktur

  Apr 18, 2024        3 Min Read

Ketahui Macam Macam Proses Produksi Manufaktur

REKOMENDASI

Artikel Terkait