Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Informasi Bisnis Purchasing Management Solusi Bisnis Solusi ERP

Apa Hubungan Sistem Purchasing dengan Manajemen Gudang?

3 Min Read     Posted on 24 May 2023

Share Artikel

Dalam dunia bisnis, dua komponen penting yang saling terhubung dan mempengaruhi operasional perusahaan adalah sistem purchasing dan manajemen gudang. Dimana software pembelian digital bertanggung jawab dalam memastikan bahwa perusahaan memiliki sumber daya yang cukup untuk memenuhi kebutuhan operasionalnya. Sedangkan, gudang berperan sebagai tempat menyimpan produk atau barang yang dibeli melalui proses pengadaan. 

Lalu, apa sebagian dari Anda pasti bertanya “Apa saja peran lain sistem purchasing pada gudang?”. Sebenarnya, software pembelian memiliki hubungan simbiotis dengan pengelolaan gudang. Jika salah satunya tidak berjalan dengan efisien, maka dapat berpengaruh ke proses bisnis lainnya. Yuk ketahui lebih dalam peran e purchasing dalam meningkatkan efisiensi gudang.

1. Pentingnya Sistem Purchasing

Dalam setiap bisnis, penerapan software e purchasing memainkan peranan penting dalam memastikan kelancaran seluruh proses bisnis. Pasalnya, pengadaan adalah inti dari operasional perusahaan. Dimana jika mengalami hambatan dapat mempengaruhi aspek bisnis lainnya. Maka dari itu, penting untuk menjaga efektivitas dan efisiensi proses pembelian Anda.

Melalui aplikasi automasi pembelian ini, perusahaan dapat memastikan bahwa barang atau jasa yang dibutuhkan bisa tersedia tepat waktu, dengan harga yang sesuai, dan dengan kualitas terbaik. Bahkan, Anda juga bisa mengotomatiskan tugas berulang dalam pengadaan menggunakan fitur e purchasing software yang canggih dan lengkap. 

Sistem purchasing juga memastikan bahwa perusahaan bisa mendapatkan barang atau jasa dengan harga terbaik. Dengan platform ini, Anda dapat menerima tawaran dari berbagai macam pemasok yang berbeda. Jadi, proses menganalisis, mengevaluasi, dan menentukan vendor dapat Anda lakukan dengan lebih sistematis. Proses seleksi supplier barang pun bisa berjalan secara lebih sistematis.

Kelebihan lain dari mengimplementasikan aplikasi procurement ini adalah memudahkan Anda dalam memantau dan mengelola pengadaan dengan lebih baik. Sehingga, Anda bisa mendapatkan data real-time tentang setiap tahapannya. Proses analisis data untuk menyusun strategi pengadaan pun dapat dilakukan dengan mudah. Akibatnya, kinerja pembelian pasti akan meningkat.

2. Peran Sistem Purchasing pada Gudang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, software pengadaan memiliki peran yang sangat penting dalam kelancaran operasional bisnis, termasuk pada manajemen gudang. Salah satu fungsi utama sistem purchasing pada gudang adalah memastikan ketersediaan barang dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan. Jadi, perusahaan tidak perlu lagi mengalami kelebihan atau kekurangan stok barang, yang jika terjadi dapat menyebabkan kerugian.

Keunggulan sistem ini pada pengelolaan gudang yang kedua adalah memastikan bahwa barang yang dibeli sesuai dengan standar kualitas yang telah ditetapkan perusahaan. Proses ini melibatkan pemilihan pemasok yang tepat, negosiasi harga dan kontrak, dan pengecekan kualitas barang. Melalui proses ini, sistem purchasing memastikan bahwa gudang selalu dipenuhi oleh barang-barang berkualitas.

Manfaat e procurement yang ketiga adalah berperan penting dalam merencanakan dan mengatur waktu pengiriman barang ke gudang dengan akurat. Jika penjadwalan pengiriman barang tidak dilakukan dengan baik, maka dapat berakibat pada gudang yang menjadi terlalu penuh atau kosong. Dimana keduanya memiliki dampak negatif terhadap efisiensi operasional perusahaan.

Terakhir, sistem e procurement juga berfungsi sebagai penghubung antara gudang dan pemasok. Dalam kapasitas ini, sistem purchasing bertanggung jawab untuk berkomunikasi dengan supplier tentang kebutuhan gudang, memantau kinerja pemasok, dan mengatasi masalah yang mungkin timbul selama proses pembelian. Jadi, dengan berbagai peran penting tersebut, aplikasi ini tidak hanya mendukung operasional gudang tetapi juga berkontribusi terhadap keberhasilan keseluruhan bisnis.

3. Kelebihan Pengelolaan Gudang yang Efektif

Pengelolaan gudang yang baik tidak hanya memengaruhi efisiensi dan produktivitas gudang itu sendiri, tetapi juga memiliki dampak signifikan pada berbagai aspek bisnis lainnya. Pertama, meningkatkan kepuasan pelanggan. Dalam bisnis yang berfokus pada penjualan produk fisik, kemampuan untuk bisa memenuhi pesanan pembeli secara cepat dan tepat waktu sangat bergantung pada kelancaran manajemen gudang. Maka dari itu, perlu aplikasi gudang barang untuk mempercepat proses kelola paket. 

Fungsi yang kedua adalah Anda dapat mengurangi biaya operasional. Dengan mengoptimalkan proses seperti penataan, penanganan, dan pemantauan barang, perusahaan Anda bisa mengurangi biaya tenaga kerja, peluang terjadinya kerusakan barang, dan mencegah risiko kehilangan barang.

Ketiga, manajemen gudang yang efektif berperan dalam meminimalkan risiko bisnis. Salah satu risiko terbesar dalam operasi gudang adalah kehilangan barang karena pencurian atau kerusakan. Dengan pengelolaan yang baik, perusahaan dapat menerapkan kontrol keamanan yang lebih baik dan mencegah terjadinya risiko-risiko tersebut.

Nah manfaat lain yang tidak kalah pentingnya adalah memastikan bahwa perusahaan mematuhi peraturan dan standar industri yang ada. Hal ini termasuk penyimpanan dan penanganan barang sesuai dengan pedoman keselamatan dan kesehatan kerja, serta mematuhi peraturan lingkungan.

4. Sinkronisasi Tim Purchasing dan Gudang

Sinkronisasi kerja adalah salah keunggulan dari penerapan sistem purchasing pada gudang. Kolaborasi yang efektif antara tim pengadaan dan gudang akan memastikan lancarnya alur kerja, mulai dari pembelian barang hingga penyimpanan dan pengelolaan barang di gudang. Jadi, seluruh operasional pun bisa berjalan dengan lebih terintegrasi dan bisa terhindar dari miskomunikasi.

Dalam konteks ini, tim purchasing bertugas untuk menentukan barang apa yang perlu dibeli, berapa jumlahnya, dan kapan barang tersebut harus tiba di gudang. Mereka juga harus memastikan bahwa barang yang dibeli sesuai dengan standar kualitas perusahaan. Sementara itu, tim gudang bertanggung jawab untuk menyimpan dan mengelola barang-barang tersebut dengan cara yang paling efisien. Mereka harus mengatur dan mengawasi proses penyimpanan, penanganan, dan distribusi barang.

Dengan sistem ini, kedua tim dapat melakukan komunikasi dengan baik. Misalnya, divisi warehouse harus memberi tau purchasing staff tentang status stok barang, kondisi barang di gudang, dan berapa lama stok yang ada bisa bertahan. Sebaliknya, tim purchasing harus memberi tahu tim gudang tentang rencana pembelian barang, termasuk detail seperti jenis, jumlah, dan waktu kedatangan barang.

5. Integrasi Aplikasi WMS dan Sistem Purchasing

Penerapan teknologi dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pembelian dan gudang. Dengan menerapkan teknologi seperti warehouse management system (WMS) dan sistem manajemen pembelian dapat membantu perusahaan dalam mengotomatiskan banyak tugas manual, mengurangi kesalahan, dan meningkatkan kecepatan operasional.

Dengan sistem purchasing yang terintegrasi dengan sistem gudang, perusahaan dapat melacak pergerakan barang secara real-time, memperbarui stok dan membuat pesanan pembelian baru secara otomatis berdasarkan tingkat stok yang ada. Selain itu, fitur seperti analitik data dapat membantu perusahaan menganalisis data pembelian dan stok secara mendalam, sehingga dapat membuat keputusan pembelian yang lebih baik dan mengoptimalkan pengelolaan gudang.

6. Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sistem purchasing pada gudang memiliki hubungan yang erat dan saling mendukung. Keduanya memainkan peran penting dalam memastikan perusahaan melakukan pembelian dengan tepat sesuai dengan spesifikasi barang yang sudah ditentukan.

Penerapan teknologi pada manajemen gudang pun akan memberikan manfaat yang lebih signifikan, terutama dalam melancarkan dan mempercepat proses pengelolaan barang. Jika diitegrasikan dengan sistem purchasing, bisnis Anda dapat mencapai efisiensi operasional yang lebih besar.

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Contoh Prototype Produk dan Cara Membuatnya

  Mar 28, 2024        3 Min Read

Contoh Prototype Produk dan Cara Membuatnya

Cara dan Prosedur Retur Barang yang Tepat di Distribusi

  Mar 28, 2024        3 Min Read

Cara dan Prosedur Retur Barang yang Tepat di Distribusi

REKOMENDASI

Artikel Terkait