Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Bisnis Industri F&B Sales Tips Bisnis

Ketahui Strategi Marketing dari Brand Minuman Hits ini!

3 Min Read     Posted on 07 Oct 2022

Share Artikel

Saat ini usaha minuman sedang naik daun dan memiliki banyak sekali peminat. Supaya tidak kalah saing dengan kompetitor, Anda perlu menentukan strategi marketing yang tepat. Tentukan trik pemasaran yang sesuai untuk target customer, sehingga Anda bisa menjangkaunya dengan mudah. Penerapan trik pemasaran ini memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan brand minuman Anda. 

Seluruh brand minuman pasti memiliki strategi marketing khusus dalam melakukan pemasarannya, karena target pembeli yang mereka miliki berbeda. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas strategi marketing yang paling ampuh diterapkan oleh 3 brand minuman kekinian berikut ini.

1. Kopi Kenangan

Siapa yang tidak tahu merk kopi satu ini? Pasti semua sudah pernah mendengarnya. Kopi Kenangan merupakan brand minuman pertama di Asia Tenggara yang bergelar startup unicorn loh. Mereka menerapkan ekspansi yang agresif sehingga gerainya sudah banyak tersebar di seluruh Indonesia. Pantas saja mereka mendapatkan julukan bisnis kopi dengan pertumbuhan bisnis tercepat. 

Dalam sehari, brand minuman kopi ini bisa menjual lebih dari 1000 cup. Jadi, bisa dibayangkan berapa banyak omzet yang mereka dapatkan. Penasaran kan apa saja strategi marketing khusus yang mereka terapkan? Berikut adalah pembahasan lengkapnya.

a. Menggunakan Kata Simpel yang Memorable

Brand satu ini meningkatkan brand awareness mereka dengan melakukan pendekatan personal ke target customernya. Mereka menggunakan kata-kata yang berhubungan dengan pengalaman cinta seseorang. Seperti nama brandnya sendiri, dimana kata “kenangan” merujuk ke pengalaman masa lalu yang sulit untuk dilupakan. Sehingga, bisnis kopi satu ini pun mudah diingat dan memiliki tempat spesial di hati para pembeli.

Selain itu, pemilihan nama menunya pun juga unik. Mulai dari kenangan mantan, kenangan masa lalu, mantan menikah, kenangan terindah, dan banyak lagi lainnya. Hal itu jelas membuat masyarakat tertarik untuk mencobanya.

b. Kualitas Bintang Lima dengan Harga Mahasiswa

Merk ini memproduksi varian kopi dengan cita rasa lokal. Bahan-bahan yang mereka gunakan pun dipasok dari Indonesia asli. Jadi, bukan hanya namanya saja yang sangat melokal, tapi menunya pun juga. Kopi kenangan ingin menyajikan minuman berkualitas dengan citarasa yang konsisten di seluruh cabangnya. 

Untuk menjadi barista di brand ini tidak bisa sembarangan. Anda harus mengikuti pelatihan khusus terlebih dahulu sebelum terjun langsung ke dapur. Kelebihan lain dari brand satu ini adalah berani mematok harga yang sangat terjangkau. Jadi, para konsumen bisa menikmati kopi premium dengan harga minimum.

c. Kolaborasi Inovatif

Usaha kopi satu ini sering melakukan kerjasama dengan beberapa orang ternama di Indonesia. Tidak hanya itu, mereka bahkan juga pernah berkolaborasi dengan BTS loh! Ide inovatifnya tidak berhenti sampai situ saja. Mereka juga pernah berkolaborasi dengan Somethinc, brand skincare lokal, dalam menciptakan produk body scrub dan lip scrub dari kopi. Lalu, baru-baru ini juga bekerjasama dengan Karafuru, brand NFT asli Indonesia, dalam merilis kopi siap minum dengan desain botol limited edition. Wah sangat menginspirasi ya!

2. Mixue

Ketika mendengar brand minuman satu ini pasti Anda langsung teringat es krim. Tidak heran, merk satu ini terkenal pertama kali karena harga es krimnya yang terlampau murah. Awalnya, mereka hanya menargetkan golongan menengah ke bawah. Namun, tak disangka peminatnya sangat banyak bahkan sampai melampaui target pemasaran mereka. 

Keuntungan yang mereka dapatkan pun melonjak sampai menyentuh angka triliun. Wah menarik sekali untuk membahas strategi marketing yang mereka gunakan dalam mencapai kesuksesan ini.

a. Mematok Harga yang Sangat Ramah di Kantong

Produk yang ditawarkan Mixue tidak hanya es krim saja, melainkan juga smoothies, kopi, dan segala macam olahan teh. Dengan kisaran harga mulai dari Rp 8.000 sampai Rp 25.000 saja. Jadi, jangan heran kalau setiap cabang brand minuman ini selalu ramai pembeli.

b. Membuka Peluang Kemitraan yang Besar

Seperti yang kita tahu, merk minuman satu ini berasal dari China. Brand internasional biasanya tidak membuka kesempatan kerjasama yang besar, apalagi kepada pihak yang bukan pemegang lisensi. Namun, Mixue tidak. Mereka justru memberikan peluang sebesar-besarnya. Maka dari itu, tidak heran kalau perkembangan mereka sangat pesat. Dalam waktu sekejap, mereka sudah banyak memiliki cabang di Indonesia.

3. Es Teh Indonesia

Brand ini menyajikan minuman teh dengan konsep yang lebih kekinian dan menarik yang sesuai dengan selera anak zaman sekarang. Bisnis ini berkembang dengan sangat pesat dan bahkan sudah ada lebih dari 300 cabang loh. Omzet yang didapatkan per bulannya pun sampai miliaran rupiah. Nah, mari kita lihat strategi penjualan apa yang mereka terapkan:

a. Ide Receh Pembawa Berkah

Siapa sih orang Indonesia yang tidak suka es teh? Ya, kira-kira seperti itulah cikal bakal terciptanya brand minuman ini. Jenis minuman satu ini sangat dekat dengan kehidupan masyarakat. Tak disangka respon masyarakat pun melebihi ekspektasi para ownernya.

b. Memanfaatkan Sosial Media

Brand ini terkenal pertama kali dari Tiktok loh! Video tersebut sudah tersebar dan ditonton oleh berjuta-juta penonton. Maka dari itu, mereka pun gencar mempromosikan produknya melalui sosial media.

4. Kopi Janji Jiwa

Kesuksesan yang didapatkan oleh Billy Kurniawan selaku bisnis owner, berawal dari mencoba peruntungan dengan mewujudkan apa yang sudah menjadi passionya sejak lama. Merk minuman yang satu ini juga termasuk usaha minuman yang cukup di gandrungi dari berbagai kalangan. Selain menyediakan menu minuman yang menjadi signaturenya, brand ini juga menyediakan menu makanan yang menggugah selera. Bukan hanya itu, Janji Jiwa merupakan merk mminuman yang menerapkan strategi pemasaran yang unik diantara brand usaha sejenis.

Nah, jika Anda ingin membuat bisnis yang sejenis, yuk untuk pelajari strategi dan konsep apa yang diusung oleh Janji Jiwa.

a. Jaga Kualitas dan Pertahankan Pelanggan

Janji Jiwa membeli biji kopi yang di beli langsung dari petani kopi di Indonesia yang sudah dikenal memiliki kualitas terbaik di dunia. Lalu biji kopi yang berasal dari Sumatra tersebut di proses dengan standarisasi internasional dengan roaster yang berkompeten di bidangnya.

Demi mencapai tujuannya untuk meningkatkan dan mempertahankan pelanggan, Janji Jiwa memiliki panggilan yang terdengar sangat personal untuk para pelanggan. "Teman Sejiwa". Panggilan ini memberikan kesan bahwa mereka bukan hanya pelanggan tetapi teman, sehingga para customer juga merasa memiliki kedekatan dengan brand ini.

b. Penggunaan Platform Online

Selain menjual produk-produknya langsung dari offline store, Janji Jiwa juga memanfaatkan kemajuan teknologi dengan menggunakan media sosial sebagai fungsi strategi pemasaran. Bahkan, brand ini memiliki order platform tersediri, yaitu Jiwa+, yang mengusung konsep "grab and go". Platform ini memberikan kemudahan dalam hal pemesanan dan untuk membagikan beberapa promo lain yang sedang berlaku.

Demi memperluas jangkauan pasar dan memperkuat branding yang telah dimiliki, Janji Jiwa juga melakukan kolaborasi dengan para content creator di berbagai social media untuk mempromosikan produknya. Selain melalui aplikasi Jiwa+, Janji Jiwa juga memasarkan produknya melalui platform ojek online seperti Gofood, Grabfood, Shopeefood, dll.

c. Teruslah Berinovasi

Setiap usaha yang di dirikan pasti memliki tujuannya masing-masing dan untuk mencapai tujuan tersebut, penting untuk terus melakukan terobosan baru yang dapat mendatangkan keuntungan. Inovasi yang dilakukan oleh Kopi Janji Jiwa adalah dengan menawarkan menu lainnya, seperti menyediakan variasi teh, susu, hingga matcha yang dapat di beri varian topping yang menggugah selera. Selain memiliki beberapa varian rasa minuman, brand kopi ini juga menyediakan berbagai macam ukuran gelas seperti large, medium, small hingga ukuran botol 1 liter.

Tak cukup sampai disitu, sebagai wujud komitmen untuk terus melakukan inovasi, merk kopi ini juga melakukan kerja sama dengan brand terkenal lainnya untuk melengkapi keragaman menunya. Brand tersebut adalah Teh Botol, Oatside, Milo dan Sasa. Brand kopi ini juga menyediakan berbagai pilihan menu roti panggang yang dengan porsi yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan customer yang butuh makanan yang ringkas dan cepat di tengah-tengah kegiatan mereka.

d. Kerjasama dalam Bentuk Waralaba

Bagi Anda yang memiliki passion di dunia kopi, Janji Jiwa pun melakukan ekspansi besar-besaran dengan menawarkan kerja sama berbentuk waralaba (franchise) untuk membuka gerai mereka. Dengan melakukan ekspansi seperti ini, pertumbuhan gerai kopi baru pun menjadi sangat pesat dan menjangkau lebih banyak customer. Harga yang dipatok untuk setiap produknya pun juga cukup terjangkau sehingga dapat diterima oleh berbagai kalangan.

4. Kesimpulan

Wah dari penjelasan tentang tiga brand minuman diatas, dapat disimpulkan bahwa setiap bisnis memiliki strategi marketing khusus yang berbeda-beda untuk bisa menjangkau pelanggannya.

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Contoh Prototype Produk dan Cara Membuatnya

  Mar 28, 2024        3 Min Read

Contoh Prototype Produk dan Cara Membuatnya

Cara dan Prosedur Retur Barang yang Tepat di Distribusi

  Mar 28, 2024        3 Min Read

Cara dan Prosedur Retur Barang yang Tepat di Distribusi

REKOMENDASI

Artikel Terkait