Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Pengertian ERP Sistem ERP

Apa sih Perbedaan Sistem SAP dan ERP?

3 Min Read     Posted on 30 Nov 2022

Share Artikel

Anda yang bergerak dalam bidang bisnis, pasti sudah sering mendengar istilah sistem SAP ERP. Bahkan, perusahaan Anda mungkin sudah menggunakan salah satunya. Ada yang berpikir kedua software tersebut sama, namun ada juga yang menganggapnya berbeda. Lalu manakah yang benar?

Secara singkat, SAP merupakan salah satu produk ERP. Sehingga, mereka saling terkait namun tetap memiliki beberapa perbedaan. Di artikel ini, untuk mengetahui perbedaannya, mari kita bahas kedua sistem tersebut secara detail beserta seluruh perbedaan dan kelebihannya.

1. Pengertian Software ERP

ERP merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning. Sistem ERP akan memudahkan Anda dalam menjalankan operasional perusahaan, mulai dari perencanaan hingga pengelolaan seluruh sumber daya. Software ini bersifat modular, sehingga penerapannya sangat fleksibel. Sistem ini juga bisa digunakan oleh seluruh industri karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan. 

Setiap modul ERP sudah dirancang untuk menjalankan fungsi bisnis yang spesifik. Solusi yang ditawarkan ada banyak sekali mulai dari order management, inventory control, supply chain management, CRM, HRM, dan banyak lagi lainnya. Sehingga Anda tinggal memilih modul mana saja yang paling sesuai untuk digunakan oleh perusahaan Anda. Dengan menggunakan sistem ini, Anda bisa mendapatkan banyak sekali kelebihan. 

Anda bisa mengintegrasikan berbagai pekerjaan lintas divisi, sehingga tidak perlu lagi menghabiskan waktu yang terlalu lama. Selain itu, perangkat lunak ERP juga bisa memudahkan Anda dalam mengawasi dan mendukung  kinerja karyawan, memantau seluruh alur kerja, hingga mendapatkan data-data penting karena semua penyimpanannya terpusat. Nah, hal itu jugalah yang bisa membantu Anda dalam membuat laporan karena semua informasi disajikan secara otomatis, real-time dan akurat.

2. Pengertian Sistem SAP

SAP adalah kepanjangan dari Systems Analysis and Program Development. Itu merupakan salah satu produk dari ERP. Sehingga banyak sekali kesamaan diantara mereka. Seperti sistem sebelumnya, program ini juga mencakup hampir seluruh aspek manajemen bisnis. Fungsi utama dari software SAP adalah mengotomatiskan proses bisnis seluruh industri dengan menawarkan skalabilitas yang bisa menangani berbagai cabang perusahaan di lokasi yang berbeda. 

Modul-modul yang ditawarkan oleh SAP pun juga tidak kalah banyak. Fitur yang ada di setiap solusinya pun juga lengkap dan up to date. Ada financial accounting and controlling atau lebih sering disebut FICO, lalu sales distribution, supplier relationship management, quality management, dan lainnya. Nah, manfaat yang bisa Anda peroleh dari menggunakan SAP juga banyak. Contohnya, Anda bisa meningkatkan kepuasan konsumen, keamanan data terjamin, hingga mengoptimalkan monitoring seluruh divisi di perusahaan.

3. Perbedaan SAP dan ERP

Seperti yang sudah disebutkan di part sebelumnya, software SAP ERP ini memiliki banyak kesamaan. Namun, sistem-sistem ini juga pasti memiliki perbedaan yang harus diperhitungkan untuk menentukan mana yang paling tepat untuk bisnis Anda.

a. Definisi

ERP merupakan sebuah software yang digunakan untuk mendukung proses manajemen bisnis. Sedangkan SAP merupakan produk yang dibuat oleh perusahaan penyedia ERP terbesar, yaitu SAP AG. Sehingga walaupun berbeda, mereka saling terikat satu sama lain.

b. Modul

Kedua sistem ini sebenarnya memiliki solusi yang hampir mirip fungsinya. Namun, menggunakan sistem ERP lebih fokus terhadap menghilangkan semua kegiatan manual dan tradisional dalam alur kerja, sehingga membuatnya menjadi lebih sederhana dan efisien. Sedangkan, SAP lebih ke mengelola berbagai fungsi dalam suatu perusahaan baik dalam perusahaan besar dan menengah sekalipun.

c. Fitur Komprehensif

Sistem ERP cenderung menawarkan fitur dengan jangkauan lebih luas yang mencakup seluruh sumber daya perusahaan. Walaupun keduanya sama-sama mengotomatiskan suatu proses, namun SAP lebih condong ke pengadaan, penjualan, layanan, dan pengembangan. Intinya, segala hal yang berhubungan secara langsung dengan produk.

d. Vendor

Di era sekarang ini, vendor ERP sudah banyak sekali macamnya. Mulai dari Sage, Oracle, Odoo, NetSuit, ECount, dan masih banyak lagi. Sedangkan, SAP terbatas hanya diproduksi oleh perusahaan SAP AG.

e. Harga

Untuk hal satu ini jelas merupakan kekurangan terbesar dari SAP. Mereka mematok harga yang sangat mahal, karena untuk menggunakannya sebuah perusahaan harus membeli softwarenya terlebih dahulu. Begitu juga dengan biaya yang dikeluarkan untuk pemeliharaan, konsultasi, dan tenaga eksternal IT untuk mengawasi kelancaran sistem pun cukup tinggi.

4. Kelebihan Sistem ERP dan SAP

Sistem SAP ERP sama-sama bertujuan untuk memudahkan perusahaan dalam menjalankan proses bisnisnya. Maka dari itu kelebihan yang dimiliki kedua sistem ini pun sangat mirip. Anda sangatlah perlu untuk tahu hal ini. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas kelebihannya secara detail. 

a. Menyederhanakan Alur Kerja

Mengumpulkan data jadi lebih mudah dan efisien karena sudah otomatis dan tersimpan dalam database. Sistem-sistem ini memudahkan Anda dalam terlibat langsung ke beberapa kegiatan usaha. Sehingga Anda lebih mudah dalam memantaunya.

b. Sama-sama Meningkatkan Produktivitas

Bisnis yang sudah menggunakan salah satu sistem ini pasti produktivitas karyawannya meningkatBagaimana tidak, kerjasama antar tim maupun beda divisi sekalipun bisa Anda selesaikan tepat waktu karena dipermudah oleh adanya software ini. Bahkan Anda juga tidak perlu kesulitan dalam mencari dokumen dari divisi lain dan bisa menemukannya dengan cepat.

c. Sangat Cocok untuk Semua Industri

Kelebihan kedua software ini dibandingkan sistem lainnya adalah fleksibilitasnya. Solusinya bisa disesuaikan dengan segala jenis sektor bisnis dengan segala ukuran. Sehingga, tujuan perusahaan bisa tercapai dan keuntungan pun meningkat drastis.

d. Integrasi Modul Yang Mudah

Mudahkanlah bisnis Anda dalam mencapai tujuannya dengan menggunakan seluruh solusi yang tersedia. Dalam sistem terintegrasi, Anda bisa menghubungkan semua modul yang dapat membantu melancarkan seluruh proses kerja.

5. Kesimpulan

Setelah mengetahui seluruh sistem SAP dan ERP secara mendalam, Anda jadi bisa menentukan mana software terbaik untuk perusahaan Anda. Yuk beralih ke ScaleOcean! Kami hadir dengan solusi terlengkap yang bisa disesuaikan dengan kepentingan bisnis Anda.

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Contoh Prototype Produk dan Cara Membuatnya

  Mar 28, 2024        3 Min Read

Contoh Prototype Produk dan Cara Membuatnya

Cara dan Prosedur Retur Barang yang Tepat di Distribusi

  Mar 28, 2024        3 Min Read

Cara dan Prosedur Retur Barang yang Tepat di Distribusi

REKOMENDASI

Artikel Terkait