Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Bisnis Distribusi Industri Distribusi Solusi Bisnis

Pengertian Distribusi dan 5 Tantangan Utamanya

3 Min Read     Posted on 10 Oct 2022

Share Artikel

Distribusi adalah istilah yang sudah tidak asing lagi dalam dunia bisnis, karena merupakan salah satu tahapan penting dari kegiatan ekonomi. Ketiga proses yang ada dalam kegiatan ini harus selalu selaras karena memiliki peran yang sama pentingnya dan saling terkait. Barang yang sudah melewati tahap proses produksi oleh produsen tidak akan bisa sampai ke tangan konsumen tanpa adanya peran bisnis distribusi. 

Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui segala tahapan yang ada di industri distribusi. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas pengertian, jenis-jenis perusahaan, hingga tantangan apa saja yang bisnis distribusi hadapi.

1. Apa itu Industri Distribusi

Dalam ekonomi, pengertian distribusi adalah kegiatan mengalirkan hasil produksi baik berupa barang atau jasa kepada pembeli. Sehingga, perusahaan yang bergerak dalam industri distribusi akan fokus pada penyaluran maupun perpindahan benda dari produsen ke pihak lain baik itu untuk digunakan ataupun dijual lagi. Selain menjalankan tugas utamanya dalam menyalurkan produk, bisnis distribusi juga mempunyai beberapa fungsi lainnya yang juga tidak kalah penting dalam mendukung kegiatan ekonomi. 

Perusahaan ini juga melakukan pembelian produk  dari produsen atau pemasok, lalu mengklasifikasikan produk berdasarkan jenis, bahan, kualitas, dan faktor lainnya. Pengelompokan ini sangat membantu dalam proses penjualan ke konsumen. Anda harus pintar-pintar dalam menentukan harga supaya perusahaan bisa mendapat keuntungan.

Dalam tahap pemasaran ini, bisnis distribusi Anda harus bisa memberikan informasi serinci mungkin tentang barang yang Anda tawarkan dan juga memberikan promosi yang menarik. Supaya konsumen Anda tertarik dan tidak beralih ke perusahaan kompetitor.

Tidak sampai disitu saja, Anda pun juga harus mengirimkan barang dan memastikan produk sampai ke tangan konsumen dengan aman. Tugas ini bisa dilakukan dengan lebih mudah jika Anda bekerjasama dengan perusahaan logistik terpercaya. Jadi, dapat disimpulkan bisnis distribusi memiliki proses yang kompleks dan banyak variabel yang harus diperhitungkan dan dipertimbangkan.

2. Jenis Perusahaan Distribusi

Setelah mengetahui pengertian dan tugas-tugas dalam industri ini, mari kita bahas lima jenis perusahaan distribusi yang ada di Indonesia.

a. Distribusi Langsung

Perusahaan yang melakukan produksi akan menyalurkan hasil produksinya kepada konsumen secara langsung tanpa menggunakan bantuan pihak ketiga. Sehingga produsen juga berperan sebagai distributor. Bisnis jenis ini bisa menghemat dana karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bekerjasama dengan perusahaan logistik.

b. Distribusi Tidak Langsung

Jenis bisnis satu ini jelas berlawanan dengan yang sebelumnya. Perusahaan distribusi ini melibatkan perantara dalam mendistribusikan produknya. Biasanya, pihak ketiganya tidak hanya satu melainkan beberapa. Tujuan distribusi ini dilakukan agar barang mereka ini bisa sampai ke seluruh lapisan masyarakat. Sehingga, profit yang didapatkan bisa lebih maksimal.

c. Distribusi Intensif

Usaha dengan model ini akan menyalurkan hasil produksi mereka ke bisnis ritel dengan tujuan untuk menjual barangnya kembali. Mungkin Anda lebih familiar dengan istilah reseller. Kelebihan bisnis distributor jenis adalah proses penjualan produk lebih mudah. Namun, kekurangannya adalah tidak semua jenis benda dapat disebarluaskan dengan metode ini, semua tergantung dari kebijakan perusahaan.

d. Distribusi Eksklusif

Suatu perusahaan hanya akan menyalurkan barang mereka ke pihak distributor yang sudah mereka percaya. Hal itu karena distribusi jenis ini biasanya menyalurkan produk eksklusif dari produsen kepada konsumen yang harganya tergolong mahal. Sehingga butuh strategi pemasaran tepat yang belum tentu bisa dilakukan oleh semua distributor. 

Contoh kegiatan distribusi jenis ini yaitu produk Apple hanya dijual di iBox dan digimap selaku distributornya. Jadi, hanya toko handphone yang bekerjasama dengan digimap lah yang bisa turut menjual produk-produk tersebut.

e. Distribusi Selektif

Jenis distribusi satu ini sering digunakan oleh produsen barang branded dengan harga yang sangat tinggi sebagai solusi untuk penyaluran barang. Seperti yang Anda tahu, produk dengan harga mahal tidak bisa dijual di sembarang tempat. Maka dari itu, proses penyalurannya pun hanya terbatas di beberapa lokasi. Seperti mall, bandara, dan tempat-tempat serupa lainnya.

3. Tantangan Bisnis Distribusi di Era Digital

Dari penjelasan tentang jenis-jenis bisnis distribusi yang ada, rasanya penting untuk mengetahui permasalahan yang sering dihadapi oleh bisnis ini. Maka dari itu, mari kita bahas tantangan apa saja yang sering perusahaan distribusi hadapi.

a. Ketersediaan Barang

Salah satu masalah utama perusahaan distributor adalah jumlah stok. Biasanya mereka kesulitan untuk mengetahui jumlah persediaan barang yang ada secara akurat. Sehingga perencanaan untuk melakukan restok pun kurang tepat, dimana jika terus dilakukan akan meningkatkan kerugian. 

Kemungkinan besar kesalahan ini muncul karena mereka masih menggunakan sistem manual. Sehingga, human error pada saat pengecekan barang bahkan kecurangan pun tidak bisa terhindarkan. Dalam menghadapi tantangan ini, satu-satunya solusi terbaik adalah dengan beralih menggunakan sistem ERP. Dengan software ini, Anda bisa ​mendata seluruh inventaris yang ada di perusahaan dengan akurat dan real-time.

Selain itu, sistem ERP juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang bisa mendukung seluruh proses pembaruan stok, seperti reminder. Dimana Anda akan mendapatkan peringatan ketika jumlah produk menipis. Sehingga, persediaan barang akan aman terkendali.

b. Maraknya E-commerce

Di era digital sekarang ini, produsen banyak yang lebih memilih untuk mengedarkan dan menjual produknya secara langsung ke konsumen dengan perantara e-commerce. Mereka merasa bisa menghemat pengeluaran dan juga mendapatkan banyak kelebihan lainnya. Disinilah, tantangan perusahaan distributor dalam mempertahankan eksistensinya di pasar.

Solusi paling tepat yang bisa dilakukan adalah dengan turut mengikuti perkembangan zaman. Perusahaan Anda bisa beralih ke digitalisasi bisnis dan berinovasi dengan membuat jasa baru dalam pengelolaan akun channel online untuk produsen. Sehingga, Anda bisa tetap memastikan produk sampai ke konsumen dan juga mempertahankan profitabilitas.

4. Kesimpulan

Jadi, dalam menjalankan industri distribusi Anda harus selalu berinovasi dalam menemukan solusi yang tepat supaya bisa terus bersaing di era yang serba teknologi ini. Tanpa melakukan tranformasi digital, peluang kesuksesan bisnis Anda pun semakin mengecil. Yuk percayakan seluruh proses bisnis distribusi Anda ke software retail grosir ScaleOcean. Satu sistem untuk semua cabang lokasi bisnis Anda.

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Contoh Prototype Produk dan Cara Membuatnya

  Mar 28, 2024        3 Min Read

Contoh Prototype Produk dan Cara Membuatnya

Cara dan Prosedur Retur Barang yang Tepat di Distribusi

  Mar 28, 2024        3 Min Read

Cara dan Prosedur Retur Barang yang Tepat di Distribusi

Apa itu Prototype Produk dan Tujuannya bagi Manufaktur?

  Mar 28, 2024        3 Min Read

Apa itu Prototype Produk dan Tujuannya bagi Manufaktur?

Product Cost Adalah: Arti, Unsur, dan Metode Hitungnya

  Mar 27, 2024        3 Min Read

Product Cost Adalah: Arti, Unsur, dan Metode Hitungnya

REKOMENDASI

Artikel Terkait