Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Industri Pendidikan Learning Management System Solusi Bisnis Solusi ERP

Pengertian Learning Management System beserta Manfaatnya

3 Min Read     Posted on 26 Oct 2022

Share Artikel

Lembaga pendidikan di Indonesia menganut sistem konvensional yang telah diterapkan selama bertahun-tahun lamanya. Namun seiring dengan perkembangan zaman, sekolah haruslah mengadaptasi kemajuan teknologi. Salah satunya adalah dengan menerapkan software pendidikan berbasis ERP.

Nah, salah satu software berbasis ERP yang dapat diterapkan di institusi pendidikan adalah Learning Management System atau biasa disingkat LMS. Dengan menerapkannya, sekolah bisa mendapatkan banyak sekali manfaat, yang dapat dirasakan oleh para guru, murid, dan bahkan orang tua sekalipun. Penasaran kan apa saja manfaat dari menggunakan LMS? mari kita simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

1. Definisi Learning Management System

LMS adalah sebuah software berbasis ERP yang dapat membantu tenaga pengajar dalam membuat, mengelola, dan mengatur proses belajar mengajar, supaya bisa berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Semakin dari Anda mungkin sudah familiar dengan LMS, karena biasanya disebut juga dengan e-learning.

Banyak institusi yang beralih ke software pendidikan ini sejak adanya pandemi Covid. Dengan adanya pandemi tersebut, sekolah mau tidak mau harus mengusung sistem pembelajaran yang sangat berbeda dari sebelumnya, yaitu kelas online. Tenang saja, Anda tetap bisa melangsungkan pembelajaran secara efektif jika menerapkan sistem ERP untuk pendidikan ini. Jika Anda masih ragu, simak keunggulan sistem ini di part selanjutnya.

2. Keunggulan Sistem LMS berbasis ERP

Sistem LMS terbukti sangat membantu para lembaga pendidikan dalam mengubah proses pembelajaran dari yang awalnya offline menjadi online. Jangan salah, masih banyak keunggulan lainnya yang juga harus Anda ketahui. Untuk lebih jelasnya, berikut kami berikan daftarnya untuk Anda.

a. Sistem Terpusat

Learning Management System berbasis ERP merupakan sistem yang terpusat, sehingga memudahkan sekolah Anda untuk memantau seluruh proses pendidikan. Anda bisa mengatur metode belajar, membuat silabus, hingga materi dan tugas hanya dari satu dashboard. Lalu, memantau perkembangan akademik setiap murid pun juga bisa diakses kapanpun dan dimanapun, baik oleh guru ataupun orang tua.

b. Pengelolaan yang Mudah

Dengan software ini, Anda dapat mengatur dan mengelola seluruh kegiatan yang ada di lembaga pendidikan dengan mudah. Memberikan pelajaran, tugas, dan ujian pun bisa Anda lakukan secara cepat. Selain itu, Anda juga dapat menganalisis efektivitas sistem belajar dengan melihatnya dari nilai para murid. Sehingga, Anda bisa menentukan metode pembelajaran mana yang paling tepat untuk mereka. Untuk menjaga kerahasiaan data siswa, berikan akses informasi ke orang yang tepat, seperti wali murid ataupun siswa itu sendiri.

c. Efektivitas Pembelajaran

Tujuan utama LMS adalah untuk menyediakan dan menyederhanakan sistem pembelajaran di lembaga pendidikan formal. Anda akan sangat dimudahkan dalam melakukan aktivitas mengajar, terutama sejak berlakunya​ metode pembelajaran jarak jauh. Dengan software ini, seluruh kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan secara online. Anda bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja, jadi sangat fleksibel dan efektif.

3. Fungsi Sistem LMS bagi Institusi

Di era sekarang ini, fungsi penerapan sistem ERP untuk pendidikan sangatlah banyak, terutama untuk pihak institusi. Contohnya adalah banyak kemudahan yang bisa didapatkan, sangat fleksibel, dan bisa beradaptasi dengan kemajuan lembaga Anda. Jangan salah, masih ada kelebihan lainnya loh. Yuk kita bahas satu per satu.

a. Menghemat Biaya

Dengan menggunakan sistem pendidikan ini, sekolah Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk berinvestasi pada satu software. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya lebih besar hanya untuk mempekerjakan pegawai lebih banyak. Sekarang, Institusi Anda sudah bisa mengelola seluruh program pembelajaran cukup dengan satu sistem yang terpusat.

b. Meningkatkan Produktivitas Guru

Proses belajar mengajar tidak boleh dilewatkan oleh para tenaga pengajar maupun peserta didik. Sistem ini sangat mendukung keberhasilan aktivitas pendidikan Anda karena secara umum penggunaan LMS menawarkan fleksibilitas dan kemudahan. Anda bisa mengakses konten pembelajaran dari lokasi manapun, baik di rumah, sekolah ataupun tempat lainnya. Sehingga, Anda tinggal mengatur waktu dan materi yang sesuai.

c. Materi Inovatif

Seperti yang kita tahu, LMS adalah salah satu bentuk kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan. Sehingga, proses belajar mengajar di sekolah Anda pun harus mengusung teknologi informasi supaya tidak ketinggalan zaman. 

Di era sekarang ini, materi pelajaran disampaikan dalam bentuk video. Untuk menarik perhatian para murid, konten materi yang dibuat pun harus eye catching dan menarik. Nah, LMS membantu Anda dalam membuat materi yang tidak membosankan, bisa dengan menambahkan teks, gambar, dan bahkan animasi. 

Jadi, siswa Anda lebih mudah dalam menerima pelajaran yang disampaikan. Untuk membantu peserta didik tetap fokus di dalam sebuah proses belajar mengajar, Anda dapat menambahkan beberapa elemen interaktif misalnya memberikan sesi tanya jawab, kuis, penghargaan, dan kompetisi singkat. Hal ini membantu agar siswa tidak mudah merasa bosan karena materi yang disampaikan kurang menarik minat mereka.

d. Mengukur Efektivitas

Menilai keberhasilan program pembelajaran membutuhkan banyak tahap, namun LMS memudahkan Anda dalam melakukannya. Software ini akan menunjukkan seluruh progress akademik secara lengkap, mulai dari keterlibatan user, waktu log in, ketepatan dalam pengumpulan tugas, nilai ujian, hingga seberapa sering menonton video pembelajaran. Lalu, laporan tersebut bisa Anda jadikan patokan untuk mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran.

4. Manfaat LMS ERP System bagi Murid

Lembaga pendidikan dengan kualitas yang baik akan selalu mengedepankan kebutuhan muridnya, salah satunya adalah dengan menerapkan Learning Management System. Pihak sekolah sadar bahwa, manfaat dari penerapan LMS juga turut dirasakan oleh para murid. Salah satunya adalah sistem ini memiliki peranan yang besar dalam meningkatnya kemampuan akademik siswa. Mari kita ketahui keuntungan lainnya. 

a. Fleksibilitas Tinggi

Dengan e-learning, para peserta didik dapat terus belajar bahkan ketika mereka sedang berada di luar sekolah. Tanpa adanya batasan lokasi dan waktu sangat memudahkan mereka dalam menentukan tempat ternyaman untuk belajar. Selain itu, aplikasi ini pun bisa diakses dari perangkat apapun. Sehingga, mereka pun masih bisa mengaksesnya walaupun sedang dalam perjalanan.

b. Menyesuaikan Kemampuan

Menyamakan kecepatan belajar satu murid dengan yang lain sangatlah tidak efektif karena mereka memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Beberapa siswa mungkin dapat berkonsentrasi pada proses pembelajaran untuk waktu yang lama. Namun, ada yang hanya bisa fokus dengan waktu yang lebih singkat. 

Selain itu, ada juga beberapa murid yang cepat menyerap pelajaran, sementara yang lain masih membutuhkan lebih banyak waktu untuk memahaminya. Nah, LMS bisa digunakan untuk semua kebutuhan murid dengan menyesuaikan cara belajarnya. Penyesuaian yang dilakukan ini membuat para siswa lebih nyaman dalam mengikuti proses belajar karena bisa beradaptasi dengan kemampuan yang mereka miliki.

c. Mendoron​g Pembelajaran Mandiri

Memahami dan mengingat semua materi sesudah kelas tanpa memiliki kesempatan untuk mengulangi pelajarannya lagi akan meningkatkan resiko untuk lupa. LMS hadir untuk meningkatkan kemampuan akademik Anda. Dengan software ini, Anda dapat belajar mandiri dengan membuka materi sebelumnya di video pembelajaran online, membuat catatan, dan bahkan mengikuti kuis lanjutan untuk menguji pengetahuan. 

d. Meningkatkan Kemampuan Akademik

Dengan kelebihan-kelebihan software pendidikan di atas, peluang murid untuk memiliki kemampuan akademik yang baik akan meningkat. Pertama, mereka bisa menerima materi dengan mudah karena menggunakan cara belajar yang sesuai. Lalu, para siswa juga bisa lebih mudah mengingat seluruh materi, karena bisa mempelajarinya berulang kali. Selain itu, guru juga rutin memberikan ujian untuk mengasah kemampuan. Maka, tidak heran LMS memiliki peranan yang besar dalam mendukung keberhasilan akademik.

5. Kesimpulan

Learning Management System memiliki manfaat yang banyak untuk lembaga pendidikan Anda. Kami percaya setiap sekolah memiliki kebutuhan sistem yang berbeda-beda. Maka, konsultasikan kebutuhan Anda dengan kami. Software Pendidikan ScaleOcean siap mendukung kemajuan akademik yang lebih baik demi menciptakan bibit-bibit unggul bagi bangsa!

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Contoh Prototype Produk dan Cara Membuatnya

  Mar 28, 2024        3 Min Read

Contoh Prototype Produk dan Cara Membuatnya

Cara dan Prosedur Retur Barang yang Tepat di Distribusi

  Mar 28, 2024        3 Min Read

Cara dan Prosedur Retur Barang yang Tepat di Distribusi

REKOMENDASI

Artikel Terkait