Audrey
AudreyBalasan dalam 1 menit
Halo 👋

Hubungi kami untuk mengetahui bagaimana konsultan kami membantu perusahaan anda atau jadwalkan demo gratis dengan tim kami!
Industri F&B Informasi Bisnis Solusi Bisnis Tips Bisnis

Inspirasi Ide Bisnis Makanan Terlaris dan Termudah

3 Min Read     Posted on 13 Oct 2022

Share Artikel

Memiliki bisnis di industri f&b memang berbeda dari sektor lainnya. Penyebabnya adalah usaha kuliner tidak pernah kehilangan peminatnya. Sehingga, bisa terus berkembang dan bertahan di era sekarang ini. Kuncinya, bisnis Anda harus mau untuk selalu berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman. 

Memulai bisnis kuliner di Indonesia memiliki peluang yang cukup besar. Bahkan Anda bisa memulainya dengan modal yang sedikit. Ditambah lagi, bisnis F&B pastilah memiliki tren makanan baru yang berbeda-beda tiap tahunnya. Nah, kalau Anda mencari ide berbagai jenis jualan makanan kekinian, wajib banget simak artikel ini sampai selesai.

1. Makanan Korea

Drama ataupun film Korea memiliki peran yang sangat besar dalam penyebaran kuliner satu ini. Mereka mempopulerkan makanan dengan cara yang menarik dan menggugah selera, sehingga orang yang menontonnya pun pasti tergiur untuk mencobanya, tak terkecuali masyarakat Indonesia. Kelebihan dari makanan Korea adalah rasanya bisa diterima oleh semua lidah. Dimana tidak hanya orang Asia saja tetapi juga dari negara-negara barat lainnya. 

Maka tidak heran jika makanan ini sangat populer sampai bisa memasuki pasar bisnis kuliner di seluruh dunia. Untuk menjalankan ide bisnis ini, Anda bisa mengusung beberapa konsep. Mulai dari food street, restoran, ataupun cafe. Anda hanya perlu menyesuaikan budget yang dimiliki. Jadi, Anda tetap bisa membuka usaha makanan ini tanpa berat di modal. Berikut adalah beberapa menu makanan korea yang cocok untuk dijadikan ide usaha makanan yang menjanjikan.

a. Kimbab

Menu ini sekarang sedang viral karena sering muncul dalam drama yang sedang tayang tahun ini. Disamping itu, makanan ini juga terkenal simpel dan cara makannya pun mudah tapi tetap mengenyangkan. Sehingga, banyak orang yang tertarik untuk mencobanya, terutama para karyawan yang hanya memiliki waktu sedikit untuk makan.

b. Restoran Ayam

Budaya makan ayam di Korea dan Indonesia sangat berbeda. Di Korea, biasanya mereka makan dalam porsi yang besar yaitu bisa satu ekor ataupun setengah ekor, dan mereka memakannya tanpa nasi. Selain itu varian ayamnya sangat beraneka ragam mulai dari original, yangnyeom, angma, maneul, bburinkle, dan banyak lainnya. Dimana hal itu sangat berbeda dengan di Indonesia. Namun, perbedaan tersebutlah yang justru menarik minat masyarakat untuk mencobanya.

c. Tteokbokki

Jika Anda adalah pecinta drama Korea, pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan ini. Di Indonesia, banyak sekali penggemar Tteokbokki. Nah, anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk memulai bisnis kuliner. Anda bisa mengusung konsep food street ataupun restoran jika ingin menjual menu ini dan menambahkan berbagai varian rasa sebagai salah satu ciri khas dari bisnis yang sejenis.

2. Makanan Ringan

Selain makanan berat, masyarakat Indonesia juga memiliki minat yang besar terhadap cemilan. Biasanya mereka akan mencari dan memakannya di sela-sela jam makan. Disinilah peluang yang bagus untuk Anda memulai usaha makanan ringan. Banyak sekali macam-macam jajanan yang sedang viral saat ini seperti keripik pedas, cireng, cimol keju, corndog, dan masih banyak lagi. 

Menjalankan usaha makanan ringan sangatlah fleksibel dan mudah. Contohnya, anda bisa memulai dengan menjualnya secara online dalam bentuk frozen. Dengan cara itu anda bisa menjangkau audience yang lebih luas dan modal yang dibutuhkan pun tidak sebanyak ketika anda harus menyewa atau membeli ruko.

3. Makanan Sehat

Seiring berjalannya waktu, orang-orang menjadi semakin aware terhadap kesehatan mereka. Salah satunya adalah dengan menjaga pola makan dan menerapkan makanan 4 sehat 5 sempurna. Namun, orang yang bekerja memiliki halangan untuk melakukannya karena keterbatasan waktu yang mereka miliki. Nah, disinilah peluang yang bisa digunakan oleh para pebisnis untuk menjadikan hal ini sebagai target pasar mereka.

Anda bisa membuat usaha F&B dengan menjual makanan sehat sebagai solusi yang tepat untuk mereka. Konsep yang bisa Anda usung untuk bisnis makanan ini pun beraneka ragam bisa berupa catering, restoran, ataupun grab & go. Jadi, selain mendapatkan keuntungan, Anda juga bisa mendukung healthy lifestyle para karyawan.

4. Makanan Jepang

Kuliner satu ini terkenal memiliki rasa unik dan khas. Selain itu, juga identik dengan varian menu yang beragam. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan macam-macam makanannya seperti sushi, sashimi, ramen, tempura, dan banyak lagi lainnya. Namun saat ini ada dua jenis makanan Jepang yang sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia yaitu katsu dan yakitori. Nah, kedua makanan tersebut cocok buat dijadikan ide jualan makanan kekinian.

a. Katsu

Makanan ini viral setelah banyak influencer yang meramaikannya. Semenjak itu, restoran yang menjual katsu pun jadi banyak peminatnya. Selain itu, rasa dari makanan ini pun sangat mirip dengan makanan Indonesia. Jadi, rasanya sangat cocok di lidah masyarakat.

b. Yakitori

Buat yang belum tahu, yakitori adalah menu sate-satean khas Jepang. Variannya banyak sekali ada tsukune, kawa, nankotsu, seseri, dan masih banyak lainnya. Sesuai dengan namanya, seluruh menu sate tersebut menggunakan seluruh bagian ayam mulai dari daging, jeroan, dan kulit. 

Biasanya yakitori dihidangkan dengan dua macam pilihan saus yaitu tare dan shio. Makanan satu ini memiliki banyak peminat karena dianggap sebagai makanan Jepang yang merakyat. Jika tertarik, anda bisa menjualnya di kedai-kedai ataupun menjadikannya restoran.

5. Kesimpulan

Wah ternyata banyak sekali tren kuliner yang bisa Anda jadikan referensi usaha makanan. Dari keempat pilihan diatas, mana nih yang menurut anda merupakan ide bisnis makanan paling menjanjikan? Selain tren-tren tersebut, penting juga untuk memulai digitalisasikan bisnis F&B Anda. Yuk terapkan software restoran ERP terbaik dari ScaleOcean, untuk mempermudah Anda dalam mengelola seluruh cabang restoran hanya dari satu aplikasi terpusat.

Dapatkan update konten terbaik kami
secara rutin di Inbox Anda!

Dapatkan
Demo Gratis

Sampaikan kebutuhan bisnis Anda dan konsultasikan dengan tim ahli kami.

REKOMENDASI

Artikel Terkait

Yuk, Cari Tahu Cara Membuat Shipping Instruction!

  Apr 19, 2024        3 Min Read

Yuk, Cari Tahu Cara Membuat Shipping Instruction!

Kenali 5 Jenis Dokumen Penyimpanan Barang

  Apr 19, 2024        3 Min Read

Kenali 5 Jenis Dokumen Penyimpanan Barang

Bid Bond Adalah: Cari Tahu, Arti, Manfaat, dan Templatenya

  Apr 19, 2024        3 Min Read

Bid Bond Adalah: Cari Tahu, Arti, Manfaat, dan Templatenya

Freight Cost Calculator, Hitung Akurat Biaya Pengiriman

  Apr 19, 2024        3 Min Read

Freight Cost Calculator, Hitung Akurat Biaya Pengiriman

REKOMENDASI

Artikel Terkait